Ketahui Penyebab Meningitis Sejak Masih Dini

belajarsehat.com - Ketahui Penyebab Meningitis Sejak Masih Dini - Semakin maraknya virus meningitis menjangkiti warga indonesia tanpa di imbangi pengetahuan apakah penyebab dari penyakit meningitis ini. Penyakit ini sekarang mulai marak lagi menjangkiti. Sulitnya penanggulangan penyakit ini membuat kita menjadi was was dan tentu merasa kurang nyaman jika tidak mengetahui penyebabnya. Mari kita ulas penyebab penyakit meningitis yang sering terjadi.
Faktor resiko penyakit adalah segala sesuatu yang menyebabkan anda memiliki resiko untuk mengidap suatu penyakit tertentu. Faktor resiko meningitis yang memicu resiko meliputi:

http://www.kolomsehat.com/faktor-resiko-kondisi-memicu-meningitis/
Virus Meningitis

source gambar:kolomsehat.com


Faktor Resiko non Medis

 

1. Genetika

Beberapa orang mungkin memiliki resiko meningitis karena faktor keturunan. Jika mereka bersinggungan dengan organisme yang menyebabkan infeksi meningitis, maka resiko mereka lebih besar daripada orang lain pada umumnya.

 

2. Laki-laki

Laki-laki cenderung memiliki resiko untuk mengidap meningitis lebih tinggi dari perempuan.

 

3. Tinggal di tempat berlingkup komunitas (bersama-sama dalam jumlah banyak)

Tempat-tempat yang digunakan untuk tinggal, beraktivitas bersama, atau berkumpul seperti asrama, kos, rumah susun, sekolah, penitipan anak, dan sejenisnya memiliki resiko tinggi terhadap penularan meningitis, khususnya meningitis meningokokus. Bakteri ini menyebar melalui jalur pernafasan dan cenderung menyebar dengan cepat di dalam sebuah kelompok komunitas besar.

 

4. Paparan serangga dan hewan pengerat

Orang yang tinggal di tempat dimana serangga dan hewan pengerat (misalnya, tikus) tumbuh subur, memiliki resiko lebih tinggi terinfeksi meningitis. Kedua jenis hewan tersebut dikenal membawa kuman-kuman yang menyebabkan meningitis.

 

5. Kehamilan

Jika anda hamil, anda memiliki resiko tertular listeriosis, yaitu infeksi oleh bakteri Listeria, yang pada tahap selanjutnya bisa menyebabkan meningitis. Jika pada saat hamil anda terinfeksi bakteri ini, maka janin / calon bayi anda juga akan mendapatkan resiko infeksi yang sama.

 

6. Tidak mendapatkan imunisasi tertentu

Jika anak anda melewati atau ketinggalan salah satu atau beberapa jenis imunisasi tertentu (khususnya pada saat usia kanak-kanak), maka resiko mengidap meningitis tinggi. Contoh beberapa jenis vaksinasi yang cukup mempengaruhi penurunan faktor resiko meningitis diantaranya adalah vaksinasi atau imunisasi gondok, Hib, dan pneumonia (biasanya diberikan sebelum berusia 2 tahun).

 

7. Usia

Kebanyakan pengidap meningitis ditemukan memiliki usia di bawah 5 tahun. Meningitis bakteri umumnya ditemukan pada penderita di bawah usia 20 tahun, khususnya mereka yang tinggal di lingkup komunitas yang padat.

 

8. Bepergian ke daerah rawan meningitis

Daerah rawan meningitis memangnya ada? Ada! Sebagai contoh, orang-orang yang suka bepergian ke wilayah yang disebut sebagai “sabuk meningitis”, sebuah area di sub-Sahara Afrika, harus mendapatkan suntikan vaksinasi meningokokus, salah satu bakteri penyebab meningitis. Tanpa vaksinasi, resiko terinfeksi saat bepergian di daerah itu amat sangat tinggi.

Ketahui Penyebab Meningitis Sejak Masih Dini

 

Faktor Resiko Medis

Selain faktor yang bersifat eksternal, kondisional, serta berbagai hal non medis lainnya, ada juga faktor resiko meningitis yang yang dipicu oleh gangguan/kelainan dan penyakit, di antaranya adalah:

 

1. Cacat lahir pada bagian tengkorak, karena cidera, atau karena bedah otak.

 

2. Memiliki dialisis ginjal.

 

3. Mengalami infeksi 

Infeksi yang dimaksut adalah infeksi lain yang hampir sejenis misalnya infeksi saluran pernafasan, gondok, tuberkulosis (TBC), sifilis, penyakit Lyme, dan penyakit yang disebabkan oleh virus Herpes.

 

4. Implan koklea (cochlear implant),

salah satu pilihan solusi untuk mengatasi gangguan pendengaran berat. Biasanya dilakukan pada anak-anak. Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak dengan implan koklea memiliki resiko tinggi terhadap infeksi meningitis bakteri.

 

5. Tertular dari ibu

biasanya terjadi pada masa kehamilan. Virus seperti enterovirus dan virus herpes, serta beberapa jenis bakteri, dapat ditularkan kepada bayi selama proses kelahiran.

 

6. Gangguan atau menurunnya sistem kekebalan tubuh karena penyakit tertentu. 

Penyakit dan gangguan dapat merusak sistem kekebalan tubuh, diantaranya adalah AIDS, kecanduan alkohol, diabetes, dan obat-obat imunosupresan (penekan kekebalan tubuh) berkontribusi meningkatkan resiko meningitis. Gangguan pada limpa atau pengangkatan limpa juga menyebabkan menurunnya sistem kekebalan tubuh dan bisa meningkatkan resiko meningitis.

 

7. Pernah mengalami meningitis.

Orang-orang yang sebelumnya pernah mengidap meningitis memiliki resiko lebih tinggi untuk terinfeksi lagi, termasuk mereka yang mengalami berbagai gangguan kekebalan tubuh serta reaksi tertentu akibat penggunaan obat-obatan tertentu.

Ini hanya sebagian dari penyebab meningitis yang kita ketahui. Masih banyak penyebab meningitis yang belum terpecahkan karena riset dan perkembangan jaman yang semakin maju akan menambah informasi tentang berbagai hal penyebab meningitis.

sumber artikel :  http://www.kolomsehat.com/faktor-resiko-kondisi-memicu-meningitis/

1 Comment: