Ketahui Makanan Sehat Untuk Kehamilanmu

Memberikan nutrisi yang tepat pada saat kehamilan merupakan hal terpenting untuk menunjang perkembangan sang buah hati didalam kandungan. Semua makanan sehat tentunya memiliki nutrisi yang baik, Akan tetapi nutrisi tersebut harus sesuai dan tepat untuk kesehatan ibu dan janin.
belajarsehat.com
Ketahui Makanan Sehat Untuk Kehamilanmu

Nah di bawah ini merupakan makanan yang memiliki nutrisi yang baik dan cocok untuk kesehatan ibu dan janin berdasarkan rekomendasi dokter sehat, simak selengkapnya :

1. Konsumsi Yoghurt

Kandungan yang terdapat pada yoghurt sangat cocok untuk ibu hamil. Makanan hasil fergmentasi ini memiliki bakteri laktobacillus yang mengandung protein yang baik untuk si janin, serta kalsium untuk kesehatan tulang janin.

Probiotik untuk menahan kandungan atau zat berbahaya dari makanan yang masuk dalam tubuh sang ibu, sehingga kekebalan didalam usus meningkat.

Namun tidak hanya itu saja, yoghurt juga memiliki kandungan zat besi yang baik untuk menunjang dalam proses kehamilan.

2. Konsumsi buah alpukat

Buah alpukat memiliki kandungan vitamin B kompleks dan lemak tak jenuh tunggal. Adapun fungsi atau manfaatnya :
  • vitamin B kompleks : Untuk mencukupi kebutuhan asam folat dan vitamin B9
  • Lemak tak jenuh tunggal : Memberikan energi tambahan saat hamil

3. Penuhi dengan kacang hijau

Kebutuhan serat saat masa hamil sangat di perlukan, bunda bisa mendapatkanya pada kacang-kacangan hijau. Kandungan lemaknya aman untuk di konsumsi untuk menjaga tekanan darah.
Kandungan asam folatnya juga baik untuk mencegah terjadinya cacat pada bayi.

4. Konsumsi ubi jalar

Asupan vitamin A juga di butuhkan pada ibu yang sedang hamil. Vitamin A ini di dapat jika bunda mengkonsumsi ubi jalar. Vitamin pada ubi jalar terdapat pada warna orange di tubuh ubi jalar. Nah Pigmen orange inilah yang membantu meningkatkan asupan vitamin A.

Tidak hanya itu saja, Ubi jalar juga memiliki kandungan antioksidan, sehingga mampu menangkal radikal bebas yang bisa merusak sel didalam tubuh.

5. Konsumsi ikan

Ibu hamil membutuhkan omega3, mineral dan Nutrisi penting. Semua kandungan terdapat pada ikan laut seperti salmon, ikan sarden dan ikan kembung. Alasan bunda harus memilih ikan laut terutama salmon adalah banyaknya journal kesehatan yang menyarankanya karena kandungan merkuri yang rendah ketimbang ikan kakap atau ikan laut lainya.

6. Konsumsi telur

Telur memiliki sumber protein yang sangat baik. tidak hanya itu saja, telur juga memiliki kandungan kolin yang bagus untuk mengurangi tingkat stress pada masa kehamilan. Kolin pada telur juga membantu perkembangan otak pada janin.

Perhatian : Usahakan kosumsi telur jangan setengah matang, Perhatikan selalu tingkat kematanganya untuk menghindari bakteri yang telah masuk pada telur. Bunda bisa membuat telur dadar atau telur rebus sendiri dirumah.

7. Konsumsi beras merah

Kandungan EPA dan DHA yang terdapat pada beras merah membantu perkembangan dan kesehatan janin.
Kandungan B1 membantu mencegah beri-beri pada bayi. Selain itu beras merah juga membantu menurunkan kolesterol dalam darah pada ibu hamil.

0 Comment