14 Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Badan

belajarsehat.com | Terkadang kita bertanya - tanya kenapa bau badan kita berbau tidak enak. Padahal kita selama ini sudah mandi secara teratur. Oleh karena itu sebelum kita penasaran lebih jauh mari kita ketahui berbagai penyebab dan cara mengatasi bau badan yang tidak sedap.

Penyebab Bau Badan Berbau Tidak Sedap


belajarsehat.com
Penyebab bau badan tidak sedap

1. Stres

Penyebab pertama yang menjadi penyebab bau tidak sedap bisa dibilang adalah stress. Keringat dihasilkan oleh kelenjar keringat yang bernama kelenjar apokrin. Jika kita mengalami stress maka keringat yang dihasilkan oleh kelenjar apokrin menjadi kurang berair dan mengandung bakteri dari lemak dan protein yang telah mencampur. Untuk keringat yang dihasilkan dari latihan maupun kondisi yang terlalu panas di luar ruangan sebagian mengandung air dan elektrolit.

2. Kaki Yang Bau

Sering kita bertanya tanya kenapa kaki kita bisa bau. Bau pada kaki sebenarnya dihasilkan oleh bakteri yang mendiami tempat yang lembab. Kondisi kaki yang lembab dan gelap karena pemakaian kaus kaki menjadi tempat yang tepat untuk bakteri berkembang. Bakteri yang mendiami kaki ini biasanya mengeluarkan senyawa yang berbau seperti bau belerang. Hanya 10% sampai 15% saja penyebab kaki bau karena faktor genetik.

3. Hanya memiliki beberapa bra favorit

Ini terjadi pada para wanita. Ukuran bra yang kurang pas menjadikannya jarang untuk mencuci atau menggantinya. Kain pada bra menyebabkan terperangkapnya keringat dan inilah yang menyebabkan bau. Sering mengganti dan mencuci bra sangat tepat dan baik untuk kesehatan payudara. Hal ini selain dapat menghindarkan dari bakteri penyebab bau juga menghindarkan dari berbagai penyakit.

4. Senang Makan Sayur Brokoli

Kita selalu beranggapan bahwa hanya bawang dan petai yang menjadi penyebab utama bau badan tidak sedap. Padahal masih banyak makanan lainnya yang menjadi penyebab bau badan. Brokoli adalah salah satu penyebab bau badan berlebih. Kandungan di dalam brokoli dapat mengeluarkan semacam senyawa sulfur setelah di konsumsi oleh tubuh.

5. Trimethylaminuria

trimethylaminuria adalah mutasi gen yang menyebabkan tubuh tidak bisa memecah senyawa trimetilamina. Trimetilamina merupakan senyawa yang menghancurkan bau amis yang terdapat dalam tubuh. Kondisi penderita Trimethylaminuria menyebabkan bau amis dalam tubuh menumpuk dan saat terlepas yang biasanya melalui napas, urine dan keringat menjadikannya berbau amis. Hal inilah yang sangat menggangu kehidupan sehari -  hari dan menyebabkan depresi maupun isolasi sosial.

6. Minum Minuman Beralkohol

Alkohol minuman yang memabukkan dan juga sangat berbahaya bagi tubuh. Saat kandungan dalam alkohol dipecah oleh tubuh saat itu pula aroma khas yang dihasilkan olehnya keluar. Tidak peduli kualitas alkohol tersebut terkadang saat setelah terpecah akan mengeluarkan bau badan yang sama.

7. Diabetes

Diabetes adalah penyakit dimana kita mempunyai kadar gula yang diatas rata - rata. Penyakit ini dapat terjadi karena kekurangan insulin dalam tubuh. Kurangnya insulin juga mengakibatkan tubuh tidak bisa memecah lemak. Orang yang terlalu banyak lemak akan menjadi gemuk dan terdapat banyak lipatan lipatan dalam tubuh. Lipatan inilah yang nantinya mengeluarkan bau tidak sedap karena terdapat tempat lembab tempat bakteri berkembang.

Cara Mengatasi Bau Badan Tidak Sedap

belajarsehat.com
cara mengatasi bau badan tidak sedap

Sebenarnya menghilangkan bau badan tidak sedap itu hal yang mudah. Bau badan juga bukan merupakan masalah serius. Bau badan lebih mengarah ke masalah sosial karena menjadikan kita kurang percaya dengan diri. Ketahui cara menghilangkan bau tidak sedap secara alami seperti di bawah ini:


1. Mandi Teratur 2x sehari
Jika anda jarang mandi ini adalah masalah fatal. Dengan jarangnya mandi membuat bakteri - bakteri penyebab bau badan dapat dengan mudah berkembang dan menempel. Selain itu dengan jarang mandi menyebabkan kotoran - kotoran menjadi menyumbat pori pori sehingga menyebabkan keringat sulit keluar. Dengan sulitnya keringat keluar hal ini berakibat kurang terjaganya kondisi suhu tubuh dan membuat daerah lembab semakin banyak. Mandi dengan menggunakan sabun anti bakterial merupakan cara termudah mengatasi bau badan yang tidak sedap.

2. Deodorant atau antiperspirant
Kedua produk ini merupakan hal yang wajib dimiliki oleh orang kantoran. Terkadang bau badan yang keluar akibat kita stress karena deadline sangat mengganggu. Dengan menggunakan deodorant kita dapat dengan cepat menghilangkan bau badan dalam tubuh. Walaupun tidak bersifat permanent tapi hal ini sangat membantu menambah kepercayaan diri kita.

Kedua produk ini sebenarnya berbeda. Untuk deodorant merupakan produk yang dapat mencegah atau menghilangkan bau badan di area ketiak khususnya, tapi tidak dapat mengurangi atau menghentikan keluarnya keringat. Sedangkan antiperspirant dapat menghentikan keluarnya keringat. Tetapi terkadang antiperspirant menyebabkan iritasi pada kulit yang tidak cocok.

3. Hindari makanan-makanan penyebab bau badan
Pilihan tertepat lainnya adalah menghindari makanan - makanan penyebab bau badan tidak sedap:
  • Daging merah. Daging merah merupakan makanan berat yang sulit dicerna oleh tubuh. Terkadang terdapat sisa yang tidak dapat dicerna oleh tubuh dan sisa ini yang menyebabkan bau badan tidak sedap.
  • Rempah-rempah. Rempah-rempah sangat membantu hidup kita lebih berasa. Tetapi penggunaan rempah - rempah yang berlebihan sangat tidak dianjurkan karena menyebabkan bau badan tidak sedap terutama bawang putih, bawang merah dan terasi.
  • Alkohol dan kafein. Kandungan yang terdapat kedua minuman ini dapat menimbulkan bau badan tidak sedap. Padahal kafein terkandung dalam kopi yang selama ini kita minum. Jadi mengurangi aktivitas ngopi juga termasuk tips mengatasi bau badan tidak sedap.
  • Makanan cepat saji junkfood. Kandungan berbagai senyawa yang tidak kita ketahui dalam makanan cepat saji terkadang sulit diurai oleh tubuh. Kandungan kimia inilah yang menyebabkan bau badan kita menjadi tidak sedap. Makanan cepat saji ini antara lain mie instan, sarden, sosis dan yang lainnya.
  • Tembakau. Senyawa yang terkandung dalam tembakau rokok dapat memecah kandungan senyawa asam dalam tubuh. Walaupun kita perokok pasif hal ini juga dapat menyerang tubuh kita. Bau badan perokok mempunyai ciri khas menyengat. Bau ini tidak bisa hilang selama berbulan - bulan walaupun kita telah berhenti merokok.

4. Perbanyak Konsumsi Buah - Buahan
Buah buahan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Buah jambu biji sangat baik menghilangkan bau badan yang tidak sedap.

5. Daun Sirih
Daun sirih terkenal sejak dulu menjadi daun anti bakterial yang ampuh. Selain untuk menyehatkan organ kewanitaan ternyata daun sirih juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh terutama menghilangkan bau badan. Cara penggunaan daun sirih untuk mengatasi bau badan juga mudah cukup tumbuk beberapa lembar daun sirih dan oleskan ke seluruh tubuh. Diamkan selama 10 menit lalu mandi dengan air hangat.
Daun sirih ini juga dapat digunakan dengan cara meminum air rebusannya. Sangat Ampuh juga cara ini untuk mengatasi batu ginjal.

6. Cuka Putih
Cuka memang mempunyai bau yang fantastis, tetapi kandungan dalam cuka dapat membunuh bakteri penyebab bau. Cara Penggunaannya juga cukup mudah cukup teteskan cuka ke area dimana asal bau badan contohnya ketiak.

7. Daun Kemangi
Aroma segar yang terkandung dari daun kemangi ternyata bukan main manfaatnya. Selain berbau khas yang menyegarkan, daun kemangi ini mengandung anti bakterial yang cukup banyak. Kandungan anti bakterial dapat membunuh kuman dan bakteri penyebab bau. Cara memanfaatkannya juga mudah tinggal kita makan saja daun kemangi atau menggunakannya sebagai lalapan.

8. Mentimun
Mentimun merupakan bahan yang sering digunakan untuk kecantikan. Kandungan dalam mentimun dapat memutihkan sekaligus membersihkan. Antibakterial dalam mentimun dapat dengan mudah mengatasi bau badan yang tidak sedap. Silahkan gunakan mentimun dengan memotong kecil dan gunakan saat bangun pagi. Selain menghilangkan bau badan mentimun ini juga dapat memutihkan kulit ketiak.

9. Daun beluntas
Beluntas sangat enak untuk lalapan. Daun ini sering dijadikan lalapan bersama makanan lainnya. Menggunakan daun beluntas untuk luluran sangat baik untuk menjaga bau badan tubuh.

10. Jeruk nipis dan lemon
Jeruk nipis dan lemon dapat dikategorikan buah yang kaya manfaat. Selain dapat mengatasi panu buah ini juga fantastis untuk mengatasi bau badan yang tak sedap. Kandungan anti bakterial yang banyak menjadikan cara ini sangat patut dicoba. Cara pemakaiannya juga mudah cukup dengan memeras 2 buah jeruk nipis dan memasukkan ke dalam wadah. Lalu campurkan dengan kapur sirih sampai terbentuk krim. Oleskan krim campuran ini ke bagian ketiak secara merata setalah mandi pagi atau sore. Lalu diamkan selama 1 jam dan bilas dengan air hangat.
Selain dapat menghilangkan bau badan terutama ketiak, cara ini juga ampuh memutihkan kulit ketiak.

11. Cengkeh
Cengkeh mempunyai anti bakterial yang tergolong banyak. selain itu cengkeh juga mempunyai anti inflamasi yang berguna mengatasi berbagai peradangan dalam tubuh. Meminum air rendaman cengkeh setiap 3 hari sekali merupakan cara termudah mengatasi bau badan berlebih.

12. Jahe
Jahe sangat kaya manfaat. Kandungan dalam jahe sangat baik untuk kehangatan tubuh. Kandungan dalam jahe menghasilkan senyawa yang dapat membunuh bakteri bakteri jahat dalam tubuh. Tidak terkecuali bakteri penyebab bau badan. Meminum segelas wedang jahe setiap malam sebelum tidur sangat baik untuk kesegaran pagi hari.

13. Daun Jambu Biji
Selain buahnya ternyata daun dari jambu biji ini sangat berkhasiat. Bahkan kandungan yang terdapat dari daun jambu biji lebih banyak daripada buahnya. Cara penggunaannya cukup dengan menghaluskan daun dan mengoleskannya pada bagian tubuh yang berbau. Selain itu menggunakan rebusan daun jambu biji juga dapat menghilangkan diare.

14. Banyak Olahraga
Olahraga sangat baik untuk kesehatan. Selain itu dengan olahraga kita dapat mengeluarkan keringat yang dapat membersihkan pori - pori dari bakteri. cukup dengan joging 30 menit selama seminggu sekali dapat membantu kita mengurangi bau badan yang tidak sedap.
Inilah sedikit tentang Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Badan Tidak Sedap yang wajib kita ketahui. Semoga dengan cara dan tips ini kita dapat terhindar dari berbagai bakteri penyebab bau badan.

4 Comment