Apa Itu Diet OCD dan Bagaimana Caranya ?

belajarsehat.com - Apa Itu Diet OCD dan Bagaimana Caranya ?- Banyak yang belum mengetahui tentang diet OCD bahkan banyak juga yang baru dengar tentang ini. Diet OCD sangat populer di kalangan artis dan ibu ibu muda karena kemudahan dan ke efisienannya. Mari kita bahas secara singkat tentang diet OCD yang sangat di rekomendasikan.
Apa Itu Diet OCD dan Bagaimana Caranya ?
sumber gambar : http://caraturunkanberatbadan.com
Diet OCD (Obsessive Corbuzier’s Diet) merupakan program menurunkan berat badan yang di populerkan oleh artis Deddy Corbuzier. Dalam ebooknya, Deddy Corbuzier menjelaskan bahwa OCD secara sederhananya adalah program menurunkan berat badan dengan cara puasa singkat.
  1. Puasa singkat dalam diet OCD artinya Anda boleh minum air putih atau teh tanpa gula, yang penting tidak ada asupan kalori sama sekali! selama dalam masa berpuasa.
  2. Adapun puasa dalam diet OCD terbagi dalam puasa 16 jam, 18 jam dan 20 jam. Ini artinya waktu makan Anda adalah 8 jam, 6 jam atau 4 jam, ini yang disebut jendela makan dalam diet OCD.
  3. Di waktu jendela makan, Anda memang boleh makan apa saja. Intinya jangan rakus. Makan yang sewajarnya saja seperti biasa.

Bagaimana Cara Kerja Diet OCD?

Diet OCD menekankan pada puasa singkat. Puasa singkat ini menyebabkan sistem tubuh kita menurunkan kadar insulin dan meningkatkan hormon lipolitik (seperti glukagon, hormon pertumbuhan dan katekolamin) sehingga proses pembakaran lemak meningkat dan lemak lebih cepat terbakar.

Apa Kelebihan Diet OCD?

Diet OCD berfokus pada puasa dan kita semua tahu manfaat puasa untuk rohani dan kesehatan. Puasa singkat ala diet OCD dapat membantu mengurangi stres oksidatif dan peradangan sel. Membantu mencegah dan memperbaiki kerusakan DNA yang bisa berkembang menjadi kanker. Bahkan penelitian menunjukkan bahwa puasa dapat memperlambat penuaan. Dengan kata lain, puasa dapat membantu kita hidup lebih lama dengan menjaga organ kita awet muda.

Efek samping Diet OCD

Menurut pelaku diet OCD, Mariska Tracy mengatakan di dalam blognya, kalau efek samping diet OCD salah satunya adalah susah buang air besar dan kalau berhenti menerapkan diet OCD maka berat badan jadi naik. Baca infonya disini mariskatracy.com

Aturan Diet OCD

  • Tidak boleh sarapan minimal 3-4 setelah bangun tidur
  • Puasa singkat 16 jam, 18 jam atau 20 jam
  • Jendela makan 8, 6 atau 4 jam sehari
  • Boleh makan apa saja asal jangan rakus
  • Saat puasa boleh minum air atau teh tawar
  • Olahraga

Cara Melakukan Diet OCD

Kunci penting yang harus Anda pahami dalam menjalankan diet OCD adalah.

Jendela makan: Anda boleh makan apa saja, namun jangan berlebihan.
Puasa singkat: Anda boleh minum air atau teh tanpa gula. Jangan ada asupan kalori sedikit pun.

1. Jendela makan 8 jam

Jika Anda menerapkan diet OCD dengan jendela makan 8 jam, maka waktu makan Anda bisa mulai jam 12 siang sampai jam 8 malam. Kalau Anda mulai makan jam 3 sore, batas waktu makan Anda sampai jam 12 malam.

2. Jendela makan 6 jam

Artinya jika Anda mulai makan jam 12 siang maka makan terakhir adalah jam 7 malam.

3.Jendela makan 4 jam

Kalau Anda menerapkan jendela makan 4 jam. Maka seandainya Anda mulai makan jam 2 siang maka anda bisa makan hingga jam 6 malam.

4. Puasa 24 jam

Artinya Anda hanya makan satu kali saja dalam sehari. Jam berapa saja, makan apa saja sebanyak apa saja.

Cara Diet OCD

  1. Minggu pertama, Anda bisa mencoba menerapkan jendela makan 8 jam.
  2. Setelah terbiasa, Anda bisa meningkatkan jendala makan jadi 6 jam pada minggu kedua.
  3. Minggu ketiga, tingkatkan jendala makan jadi 4 jam.
  4. Minggu keempat, kombinasikan jendela makan 4 jam dengan puasa 24 jam. Contohnya Anda mulai makan hari rabu jam 3 siang, cukup makan sekali itu saja sampai keesokan harinya kamis jam 3 siang lagi lalu masuk ke jendela makan.
  5. Pada minggu kelima, Anda boleh menerapkan diet ocd secara fleksibel dengan kombinasi jendela makan 4 jam dengan 1 kali puasa 24 jam.
Walaupun artikel ini tergolong singkat tetapi sepertinya sudah  mencangkup semua hal tentang OCD bisa di bilang ini adalah ringkasan dari Ebook OCD milik om deddy kok. Silahkan share jika menurut kalian bermanfaat

sumber artikel : http://caraturunkanberatbadan.com/cara-diet-ocd/